The Girl Who Always Brings Rainbow

The Girl Who Always Brings Rainbow_6

Two years ago, there was a little girl born on one rainy day in the summer time. She wasn’t crying at all but smile to her mom who held her for the first time. Beside them, there was her dad, standing with no words but his eyes show some tears and full of happiness and pride for his little girl who finally he met in person. Three of them promise to each other to love and support each other in their new journey together. New capital in their book of life was just begun with a new member of a team, a solid and unbeatable team.

The other part of Sweden, there were two lovely people who were with them from the minute they arrived in hospital until the new face of the future was born. Two people who had been waiting for this moment for quite sometimes, two people who we believe in tears of happiness to read a sms from their son about a little girl who came to the world to complete them as a family. Farmor and Farfar were not sleeping to wait for the news and they couldn’t wait to meet their princess.

The Girl Who Always Brings Rainbow_1

While far far away…in the other continent of this world, in Bali, Indonesia…there were beloved ones who were also excited to hear the new beginning. There were all awake to get some message on their phone, a photo of a little angel that will bring another story in our big family. A girl whom they will spend time to explore the beauty of not only Bali but Indonesia. They wished to see little miss Sunshine for real but because of the distance they had to wait and happy to receive one or two or more pictures of her every day, every week, month and year till finally got chance to hold her.

We have been blessed to be her parents. A girl who is never give us any trouble, the girl who sleep through the night since she was 5 days old. A baby who behaves so well till now. Her name is combination of our grandma’s names. I dreamt of the complete name when we lived in the UK back in 2006. Woke up with a little bit confusion how I recognized only one name, Kartika, which was one of my grandma’s name. I asked Papa P that time and yes…the other names, Agnes and Linnea, were his grandma’s name. Weird…that was a word in my mind at the time because it was like happen in reality that five of us (Farmor and Farfar was there too) inside the hospital bed where I was lying and holding a baby girl. We discussed about a name and we all agreed that we use this beautiful name for our little precious. At that time, we hadn’t thinking to have a baby in our married life yet. We decided to enjoy each other company, getting to know the real us and at the same time to prepare how we could be a great parents, a good example for our next generation. In our mind, being a parent is not an easy task but joyful for sure. We think that we have to be ready before we could build our nest with one or two mini us whom we will give our full attention and love unconditionally. Being a parent is fulltime job, a challenging job which could test our strength, patience, ego, knowledge, our commitment and how far we are willing to sacrifice our life to serve our kids, especially when our kids still small and need us the most.

The Girl Who Always Brings Rainbow_5

So far we did it well even though there are always something that we could do better but no regrets att all. A is a happy little miss Sunshine who eats all kind of vegetables since she was 6 months. She never have trouble to sleep through the night and never been a cranky baby. Of course she could get tantrum too but it is easy to handle and it won’t last so long. With hugs and calm explanation, she would be fine again. She is very understanding in many different occasion and many people amazed how well she behaved in the crowd or any given time. Sometimes, she surprised us with her knowledge and how she observed the information and able to deliverer it to us and others. She is the one who always finding a way to make us laugh, sometimes just with a simple act or expression of her cheeky face. (Not so baby) A loves to cuddle and being cuddled by us or other family member even some friends. She is an easy going little girl, loves nature, couldn’t sit still for long time and has a very curious mind. No one could stop her if she decide to fokus to do something that interest her. I call her my beatiful dancer because she will dance as soon as she hears music and own the move she made.

The Girl Who Always Brings Rainbow_2

Our baby favorit drink is still water. Sometimes she amazed me by choosing water rather than any other drink that kids usually love to drink. A never afraid to try any kind of food that we offer to her, the matter of she like it or not is not important to us and we are grateful she has this ability. She is definitely not a picky eater and for us this is another key point because she would be travel quite a lot in many different continents and we are never worried about bringing food from home. When we were in Bali last year, she ate a fruit/vegetable called ’Belimbing Wuluh/Sayur’ which has latin name Averrhoa Bilimbi which made her uncle (who took her to a neighbour) freak out and amazed because this fruit/vegetable is very sour and even adult is finding hard to eat it fresh. Yet again, this is A, a little girl who is unique and willing to try every fruits and vegetables.

The Girl Who Always Brings Rainbow_4

A teaches us a lot about life, from a simple thing till the most complicated one. Spending time with her give us deeper understanding that we can create our own happiness, we can choose either being happy or being miserable since we open our eyes in the morning. As a adult, we are quite good in compromise on any kind of things or situation but A taught us since she was born and now we even more understand and willing to compromise even more to anything. This little angel also showed us that we able to do something that we never ever thought that we are able to do. She is the one who always brings rainbow in our cloudy day, she is the one who could turn our frustation become power to get up and make it better. A is the one who makes us never lose hope for everything, even when we think that there is no way out. She is complete us in her unique way, therefore we are forever grateful for this gift from God, to have chance to be A’s parent.

The Girl Who Always Brings Rainbow_3

”Happy birthday Sunshine, be yourself and don’t be afraid of the challenges that life throw at you. Dream big, our precious one! Be a dream catcher, be kind to others, be anything you want to be and be the one who never lose faith in humanity. As your Dad ever said to me, the sky is the limit. May God showers you with health and his blessing on you in every step you make. Mom and Dad will be here for you and we love you unconditionally girl! ”

Stockholm, dym 30062016

Posted in 2016, photography, Stockholm, Tentang A, thought | Tagged , , | 2 Comments

Di Kala Hujan Menyapa Bumi

Di Kala Hujan Menyapa Bumi_5 kopia

Hujan seharian di luar sana, sempat keluar sebentar mengantar putri tersayang untuk main air dan berlari di bawah hujan. Mengingatkan aku akan masa kecil, dimana berada di bawah hujan itu adalah suatu momen yang sangat ditunggu-tunggu. Tidak perduli apakah badan sudah basah kuyup dan mulai kedinginan, yang ada hanya sebuah harmoni ketika hujan menyentuh permukaan kulit.

Ketika cuaca seperti ini menghampiri, ada banyak pikir yang mampir di kepala ini. Tentang hidup, tentang langkah yang sudah diambil, tentang mimpi yang sudah tercapai dan bahkan tentang mimpi yang masih belum ada di dalam genggaman. Terlebih hari ini, banyak pikir tentang sebuah pertemanan dan orang-orang di sekitarku.

Di Kala Hujan Menyapa Bumi_1 kopia

Terkadang, kita merasa bimbang juga kala melihat ke belakang, memutar lagi peristiwa-peristiwa yang beberapa masih menimbulkan tanya yang kembali menyeruak bersamaan dengan mendung yang menutupi langit. Terbersit suatu harapan untuk bisa kembali dan melihat apa sebenernya yang bisa diperbaiki, tapi… ada bisikan pelan,

”Kamu tidak bisa membahagiakan semua orang Deni! Sebaik apapun kamu berusaha, pasti selalu saja ada yang tidak sempurna, pasti ada saja orang yang akan tidak suka denganmu. Namun dari situ kamu belajar, belajar jadi manusia yang lebih baik lagi hari ini”

Ya… aku tersadar! Aku tidak akan bisa membuat semua orang tersenyum dan tertawa. Pasti selalu saja ada cibiran dan omongan negatif di sekitarku. Aku hanya seorang manusia, pasti saja akan melakukan banyak kesalahan. Kesalahan yang nantinya bisa mengajarkan aku apa yang benar, kesalahan yang nantinya bisa aku jadikan salah satu batu pijakan untuk melangkah lagi. Kesalahan yang mengingatkan aku untuk tidak melakukan hal yang sama lagi.

Banyak orang akan datang dan pergi di kehidupanku. Ada yang akan tinggal selamanya, ada yang hanya mampir untuk satu halaman saja, ada juga yang mungkin bersamaku untuk menyelesaikan satu bab dalam buku perjalananku. Setiap orang akan memberikan aku pelajaran tentang hidup, sekarang yang terpenting adalah bagaimana aku bersikap dan belajar dari setiap orang tersebut.

Di Kala Hujan Menyapa Bumi_2 kopia

Aku yakin, orang-orang yang datang untuk membuatku sedih, sakit hati, kecewa bahkan menangis, adalah orang-orang yang dikirimkan Tuhan buatku untuk belajar. Aku harus membayar karma yang aku buat. Mungkin tanpa sengaja aku menyakiti orang-orang di sekitarku, mungkin saja aku melakukan kesalahan yang aku harus bayar, atau mataku tergelapkan sehingga lupa bahwa aku menjadi sebuah kerikil tajam di kehidupan seseorang. Maka itu, karma akan datang padaku, tanpa bisa aku tolak. Yang aku bisa lakukan adalah membayar lunas, menerima bahwa itu adalah bagian dari sebuah perjalananku. Ada harapan bahwa lebih baik karma itu datang sekarang, saat aku masih kuat dan masih diijinkan untuk bernafas, berpikir dan memperbaiki diri, ameeen. Namun aku hanya manusia, terkadang aku marah dan tidak terima ketika orang-orang menyakitiku. Aku berusaha agar kemarahan itu tidak berlangsung lama, mencoba untuk melepaskan kegundahan itu dan membaca habis halaman itu, untuk bisa menulis lagi di halaman baru. Hari ini, ketika aku mencoba berdiskusi dengan diri sendiri, mencoba melihat apakah ada amarah yang tersisa, aku tidak temukan satu pun. Dan… akupun tersenyum dan siap dengan halaman baru dengan ucapan syukur dan terima kasih.

Di Kala Hujan Menyapa Bumi_3 kopia

Dalam perjalananku, banyak sekali aku bertemu dengan orang-orang yang bisa aku ajak duduk bersama, menangis bersama, tertawa bersama berbagi suka dan duka. Orang-orang yang menerima aku apa adanya, orang-orang yang sudah tahu kelemahanku namun tetap memilih untuk menemaniku mengisi lembar demi lembar halaman di bukuku. Orang-orang yang tidak segan akan memperingatkan aku jika aku salah melangkah, jika aku salah berucap, ketika aku lupa. Bahagia itu sederhana, bahagia itu bukan memiliki harta yang berlimpah, bahagia itu adalah memiliki orang-orang hebat ini di kehidupanku. Ucapan terima kasih tidak cukup buat menggambarkan betapa aku bersyukur bertemu mereka di jalanku. Doa dan harapan, mereka akan ada bersamaku sampai saat aku menghembuskan nafas terakhirku. Ada kalanya, aku tidak bisa bersama orang-orang tersayang ini setiap saat, terkadang berhari-hari bahkan berbulan-bulan tidak ada sapaan beberapa dari mereka, namun hati kita tahu, kita selalu ada buat satu sama lain saat dibutuhkan. Bagiku hal itu yang terpenting, bukan kebersamaan yang tiada henti, bukan pertemuan setiap detik, bukan sapaan setiap hari, bukan tumpukan hadiah ataupun ratusan pujian. Orang-orang ini adalah harta karunku yang aku akan lakukan apapun untuk membuat mereka tersenyum bahagia.

Di Kala Hujan Menyapa Bumi_4 kopia

Aku masih harus terus belajar dan mengasah diri, masih ada ratusan bahkan ribuan celah yang masih bisa diperbaiki, masih ada tempat untuk menampung ilmu dalam bidang apapun. Aku akan melakukan banyak kesalahan, namun aku tahu kesalahan itu ada untuk jadi sebuah pelajaran, sebuah cambuk, sebuah pengingat untuk bisa lebih kuat dan lebih bijak dalam berbuat, berbicara, berpikir dan mengambil arah kemana kaki ini ingin dilangkahkan, dengan cara apa aku menyambut pagi dan menggapai mimpi. Akan banyak kerikil di depanku, terkadang besar terkadang kecil, sekarang aku yang memutuskan bagaimana aku bersikap ketika kerikil itu ada di depanku. Semoga aku masih diberikan kesempatan lagi untuk membuka mata, mengucap syukur dan menulis dalam lembar-lembar halaman buku kehidupanku. Semoga akan masih banyak pagi, siang dan malam yang aku jumpai dan nikmati bersama yang tersayang dalam hidupku, amen.

Stockholm, dym10062016

Posted in 2016, catatan perjalanan, Catatan prajurit kecil, nature, photography, Spring, Stockholm, Sweden, thought, Uncategorized | Tagged , , , , , , , | 2 Comments

As Pure as White Cherry Blossom

As Pure as White Cherry Blossom_1 kopia

I came across a blog post in WordPress community about Weekly Photo Challenge and this week theme would be ’Pure’. Every Friday, there will be a new theme introduce for us who would like to join the challenge. So here is my interpretation of this week theme.

When I found this white cherry blossom flowers on the way back from dropping our little miss Sunshine in her pre-school, the first thing in my mind were words pure, fragile and beauty. The more I stared at it the more I fascinated about it. This is the reason why I stayed for more than an hour to just capture the moment, the purity and tried to get the best shot to show others how amazing this flower is.

As Pure as White Cherry Blossom_3 kopia

White for me is always identical with word pure and innocent. This year is the first time I took a look a bit deeper in these white cherry blossom. Usually I shot them from distance and never really had desire to get close to it but it is different this year. I don’t know what is the main reason but it started in the beginning of 2016 when we got back from our holiday in Bali. There is something that push me to take more time and observe my surrounding, to take a closer look to everything even the simplest thing I find in my every day life. I have to say that, I found joy and beauty because of doing it. One of the results you could see in these post. Don’t you agree with me that every petal of this white cherry blossom is screaming a word pure? Especially when the sun hits them gently.

As Pure as White Cherry Blossom_2 kopia

I know that it should be one photo in every theme but I couldn’t help it to put more than one and I hope it is okay. It is hard for me to pick the one that could describe the moment of joy when I was there to witness the pure beauty of nature. There are too many pictures to choose but I think these are the best one. Well, if you haven’t get enough with it, you could find one more picture with different angle in my other blog post here. It is quite late and please let me wish you all… Have a wonderful weekend! See you in another challenge.

Stockholm, dym 11062016

Posted in 2016, flower, photography, Spring, Stockholm | Tagged , , , , , | 4 Comments

Bercerita Tentang Hidup (latepost: ditulis tanggal 28 September 2015)

(Ternyata setelah di buka lagi file blog post yang berbahasa Indonesia, baru ketahuan kalau ada satu yang lupa untuk diterbitkan. Sayang kalau tidak diletakkan dan dibaca lagi nanti kalau A sudah mampu membaca, karena ini salah satu cerita tentang putri kami tercinta. Jadi saya putuskan menerbitkannya dengan catatan kecil sebelumnya *senyum lebar*. Foto-foto yang ada terpajang di sini pun diambil beberapa minggu sebelum kami pulang liburan ke Bali, Indonesia.)

Bercerita Tentang Hidup (latepost ditulis tanggal 28 September 2015)_3 kopia

A sekarang sudah hampir 15 bulan dan semakin kelihatan ada banyak perkembangan yang terkadang membuat aku dan papa P terbelalak heran. Anak manis ini udah bisa kalau ditanya dalam bahasa Indonesia:

”Kepalanya Agnes mana?”

Dia akan dengan sukses memegang kepala dengan kedua tangannya. Dia juga bisa menunjukkan hal yang sama kalau ditanya dalam bahasa Swedia dan Inggris, semoga saja A jadi anak bilingual nantinya, amen. Dia juga bisa menunjuk kalau ditanya hal seperti lampu dan bakalan dengan heboh melihat ke atas dan menunjuk-nunjuk. Dia sudah mengerti sedikit kalau ditanya

”Mau lagi?”

Kalau memang belum puas, A akan menjawab dengan pasti dengan suara bayinya

”Gi!”

Tapi kalau dia sudah puas, bakalan menggelengkan kepala dengan sukses. Biasanya percakapan ini berlangsung saat kita menyanyi bersama, entah itu pagi, siang, sore ataupun malam. A anak yang suka sekali dengan musik saat ini, bisa dipastikan kalau ada musik yang dia suka, anak ini akan menari dan senyum sumringah ada di wajah mungilnya. Maka tidak heran kalau mamanya yang dulunya hanya bernyanyi di kamar mandi saja, sekarang bisa dipastikan bakalan nyanyi entah itu di jalan, di rumah, di mobil atau bahkan di kereta saat berjalan-jalan ke kota. Pertamanya sih mamanya lumayan berpikir sebelum bernyanyi di hadapan orang banyak, takutnya ntar tiba-tiba seluruh penumpang kereta pada minta turun semua kan bisa-bisa mamanya A masuk koran *nyengir lebar*. Tapi karena ingin membahagiakan si anak, mamanya rela mengambil resiko tersebut LOL!!! Jadi jangan heran kalau suatu saat lihat mamanya A tiba-tiba jadi penyanyi dadakan dengan suara yang bisa dikatakan cukup membuat orang berpaling dan mempertanyakan kualitas dan kemampuan bernyanyi mamanya A hahahhaha. Moto mamanya A mah, cuek ajah kan kagak dibayar ini hihihi😀 benar-benar putus urat malunya kalau dalam hal bernyanyi hehehhe.

Bercerita Tentang Hidup (latepost ditulis tanggal 28 September 2015)_5 kopia

Masih berhubungan dengan musik, A itu sejak umur 10 bulan sama mamanya sudah dikasi mainan xylophone yang kebetulan dapet hadiah dari salah satu teman lama papanya A. Sebenarnya, di kotaknya kan tertulis untuk anak dari umur 2 tahun. Tapi kenapa dikasi ke A? Yaaaah, ceritanya waktu itu A lagi diajak bantuin mamanya merapikan lemari di kamar tidurnya. Pertama dikasi buku, nih anak masih anteng baca sendirian, habis itu mulai geret-geret mamanya biar bacain buku buat dia. Ga cukup donk 1-2 buku, dia maunya semua buku di perpustakaannya dibacain, yaaaaa kapan mamanya selesai merapikan baju kalau gitu. Dikasi boneka, A nolak, terus dikasi mainan mobil-mobilan eeeehh anaknya juga nolak. Ya sudah, mamanya A melihat itu xylophone nganggur dengan manis, langsung donk mamanya ngeluarin itu alat musik dari kotak dan ngajarin A gimana caranya mukul. Anak ini langsung seneng gitu dan berebut pentungan xylophone dan mulai mukul dengan nada yang tak beraturan. Ditunggu 2-3 menit eh kok makin anteng mukulnya, yeeyyyy mamanya jejingkrakan dan langsung ngelanjutin merapikan lemari. A masih maen itu alat musik sampai mamanya selesai. Maka dari itu, A sekarang udah biasa memainkan alat musik tersebut dan sekarang dengan jeda antara mukul pelan dan mukul keras. Mamanya tentunya senang sekali, karena kalau A sudah bosan bermain dengan semua maenannya dan buku-buku, mamanya A tinggal bilang:

”Sana main xylophone, main Ba ba Black Sheep”

Biasanya A langsung ngacir, ambil alat musiknya dan langsung main sendiri.

”Semoga saja kesukaanmu sama musik terus berlanjut ya Nak! Sebentar lagi kita liburan ke Bali, mama akan ajak kamu ke tempat orang latihan gamelan Bali. Kalau diijinkan nanti, kamu boleh ikutan nyoba mukul sana sini ya.”

Bercerita Tentang Hidup (latepost ditulis tanggal 28 September 2015)_2 kopia

Sepertinya jarang mamanya A nulis kalau A tantrum, hmmm…ya gimana mau nulis, anaknya sendiri emang jarang banget tantrum. Makanya mama, papa, farmor dan farfar merasa beruntung karena hal ini. Tapi bukan berarti A itu tidak pernah sama sekali tantrum. Jangan salah, anak ini pintar banget dan sudah mencoba kesabaran mama, papa, farmor dan farfar berkali-kali (baca: terutama kesabaran mamanya). Kalau sama farfar dan farmornya, bisa dibilang A masih mau mengikuti aturan kalau memang diperlukan. Tapi dari beberapa kasus ini anak bisa nyengir menang ketika dia bisa lolos dengan sukses ketika berhasil mengelabui farfar dan farmornya. Kalau boleh dibilang, farfar dan farmor itu nerapin aturannya 50% karena tahulah, kasih sayang nenek kakek itu beda. Mereka terkesan memanjakan apalagi dalam kasusnya A, farfar dan famor harus nunggu 9 tahun lamanya sebelon bisa nyentuh cucu dari anak satu-satunya. Iyeeee, emang sengaja dipending kok hehehe karena anak dan mantunya mau memantapkan diri dulu lahir dan bathin untuk menjadi orang tua. Nah lanjut sekarang, kalau sama mama papanya, A itu bisa dibilang mau tidak mau harus ngikutin aturan di rumah. Sukses ga nerapin disiplin ke anak umur setahun lebih dikit?

Tergantung, kitanya konsisten ga? Tahan ga sama cobaan-cobaan yang bakalan dilakukan di kecil? Yang paling penting itu, sabar ga dengerin tangisan pura-pura atau kadang jeritan kesel dari si anak? Puji Tuhan selama ini mama papanya A lumayan punya stok sabar, mungkin masih sekitar 10 mobil pengangkut bahan bangunan😀 Jangan salah, anak kecil itu pintar sekali. Kalau hari ini dibilang tidak boleh, maka bisa dipastikan besok atau 2-3 hari lagi, akan mencoba melakukan hal yang sama. Makanya yang namanya konsisten itu maha penting apalagi sabar hehehhe. Bandel, keras kepala dan keinginan untuk mencoba itu keras sekali di putri kami ini. Seperti kata papanya, mungkin rasa keingintahuannya terlalu besar jadi terkadang bisa dilihat bukan sekali dua kali A mencoba limit kesabaran papa mamanya. Puji Tuhan selama ini masih bisa konsisten dan jadi satu team solid antara mama dan papanya A, bahkan kita menyebut diri kita, The Dream Team😛

Bercerita Tentang Hidup (latepost ditulis tanggal 28 September 2015)_1 kopia

Balik lagi ke soal tantrum. A juga sesekali tantrum, terutama kalau dia udah lewat batas capeknya tapi belum mau menyerah buat istirahat dan masih kepingin main. Dia bakalan menunjukkan tanda-tanda protes kalau diajak untuk tenang dan istirahat. Kadang pake jejeritan segala, tapi mamanya A (yang emang berperan utama untuk menidurkan A, bakalan ngasi silence treatment ke anak aktif ini. Mulanya bakalan tetep aja anaknya pecicilan (kalau orang Jawa bilang) tentu saja dengan tantrum yang berkelanjutan. Tapiiiii dasar mamanya A bebel, ya tetep aja diem sambil natapin dalem-dalem itu matanya A trus dalam hati bilang:

”Hayooooo, kuatan mana, tantrumnya A atau diemnya mama?”

Bisa dipastikan tantrumnya ga bakalan lama, maksimal 1-2 menit ini anak bakalan nyerah dan menurut sama mamanya diajak istirahat. Padahal setelah anaknya sukses istirahat, mama papanya A bakalan diskusi satu sama lain.

”Duuuuh, semoga saja silence treatment ini ga bakalan ada expire date nya. ”

Sambil diiringi diskusi tentang itu keras kepalanya A dapetnya darimana😛 dilanjutkan dengan membahas tampang lucunya A kalo lagi mencoba tantrum dan menguji tingkat kesabaran kami. Yang ada kami bakalan ketawa ngakak-ngakak berdua diakhir pembahasan dan saling menggoda satu sama lain.

Jurus andalan silence treatment mamanya A ini ga hanya saat dia tantrum aja, tapi saat A juga lagi bandel dan belum mau dengerin omongan atau saat dikasi tahu kalau hal yang dilakukan itu berbahaya atau ga baik. Seperti contohnya saat A mulai membuang makanan atau melempar mainannya. Mamanya A bakalan ngasi tahu lisan dulu, habis itu kalau ga didengerin juga, mamanya A bakalan melihat langsung ke dalam matanya A tanpa ngomong sepatah katapun. Biasanya anak ini akan mencoba melarikan diri dari tatapan dengan membuat gerakan lucu jadi mamanya bakalan ketawa dan ga diem lagi. Tapi ya selama ini mamanya tetap menang donk walaupun sebenernya di dalam hati itu udah ngakak guling-guling melihat tampang lucunya di kunyil yang seperti kata papanya, ga bakalan ada yang bisa tahan untuk tidak tersenyum. Setelah tidak berhasil membuat mamanya tersenyum, baru A ngeh kalo mamanya serius dan dia bakalan nunduk dan ga mau menatap mata mamanya. Kalo sudah begitu, biasanya aku peluk A sambil dijelasin kenapa hal itu aku larang atau tidak boleh dilakukan. Biasanya ini anak akan peluk balik sambil tangannya nepuk-nepuk pundakku. Duuuhhh, kalau sudah begini, siapa cobaaa yang hatinya tidak luluh😀

A itu anaknya bisa dibilang cuddly abis, dia kan masih bobok sama kita bertiga. Nah, biasanya antara aku sama papanya bisa dipastikan dijadikan bantal guling sama dia. Cozy banget sih dan ini bakalan yang kita (mamanya terutama) kangenin kalau setelah pulang dari liburan ke Bali, A akan bobok di kasurnya sendiri. Tapi dia juga kesukaannya meluk-meluk kalo sofa kita buka jadi tempat tidur, dan biasanya sambil nonton TV atau bermain atau baca buku, pasti antara dia duduk di paha mamanya, atau duduk di samping dan tangannya posisi meluk gitu😀 Jadi sama kita, kesukaannya A pelukan itu kita pergunakan untuk maen gulat sama dia. Anak satu ini sukaaaaa pake banget kalau bercanda, bisa-bisa kalo ditemenin terus bisa seharian dia bakalan ngakak, bergulat dan kejar-kejaran. Jadi ini juga kenapa A itu bisa dikatakan jarang banget tantrumnya, habis nih anak kebanyakan ketawanya daripada nangis😀 Begitu juga kalau A ditinggal keluar sebentar sama aku atau papanya, begitu kita pulang, A bakalan nyamperin dan pingin dipeluk. Kelakuan kayak gini juga yang menyebabkan farfar dan farmor ga tahan lama-lama jauh dari A.

Eh, mungkin ada yang mikir,

”Heh? A masih bobok sama orang tuanya?”

Iyaaaa, dari sejak dia lahir memang dia tidur sama mamanya. Habis itu dia sempat bobok sendiri di kasur single yang kita taruh di lantai di kamar tidur kita. Nah, karena waktu liburan di Praha itu panasnya setiap hari sampai 35 derajat, kita mutusin A bobok sama ku, karena takutnya dia kena dehidrasi saking panasnya. Setelah pulang ke Praha, kita mutusin sudahlah dia tidur sama kita. Kita akan ke liburan ke Bali selama 3 bulan dan dia belum masuk pre-school jadi tidur sendiripun diundurkan sampai kita pulang kembali ke Stockholm habis liburan. Alasan yang lain juga, mamanya ingin puas dulu sama anaknya, sebelum mamanya sibuk sekolah dan A sibuk dengan kegiatannya yang tahun depan sudah dimulai. Pake aji mumpung ini ceritanya, mumpung ada kesempatan, harus dipergunakan sebaik-baiknya.

Bercerita Tentang Hidup (latepost ditulis tanggal 28 September 2015)_4 kopia

Kalau baca-baca buku tentang parenting yang ada tersedia online ataupun di perpustakaan, sepertinya kepingin banget ngikutin semua. Waktu sebelum A lahir sih kepikiran bakalan menerapkan semua yang dianjurkan, tapiiii setelah A lahir dan setelah menjadi ibu selama 1 tahun lebih, aku sadar bahwa tidak semua apa yang ada di buku ataupun yang dianjurkan itu sesuai dengan kehidupan kita. Menjadi seorang rang tua itu bagiku pribadi adalah TRIAL and ERROR, dimana kami melakukan apa yang nyaman dan kami yakin itu yang terbaik. Kadang jika ada teknik atau cara yang kami dapatkan lewat buku atau internet, kami juga mencobanya, namun kalau kami merasa tidak nyaman, bisa dipastikan kami akan berhenti melakukannya walaupun mungkin saran itu sudah dibuktikan bisa sukses diterapkan ke setiap anak. Kami berpendapat kalau setiap anak itu adalah pribadi yang unik, jadi cara setiap orang tua mendidik anaknya pun bisa dibilang unik. Mungkin ada beberapa hal ada kesamaan tapi tetap saja pada penerapannya pasti tidak sama 100%. Jadi kami tidak berusaha untuk mengikuti setiap kata atau saran dalam buku, kami menerapkan saran yang kami nyaman melakukannya.

Kehidupan kami memang tambah berwarna semenjak ada A. Tiada hari terlewati tanpa canda tawa, anak ini bisa dibilang melatih orang tuanya menjadi sehat karena seperti kata papatah;

”Tertawa itu sehat!”

Dunia kami berubah ke arah yang lebih baik. Kami menyadari bahwa kami jauh dari sempurna, maka dari itu kami tak putus untuk terus belajar. Baik itu belajar dari A, belajar satu sama lain dalam satu team dengan papanya A, belajar dengan cara berdiskusi baik itu dengan teman-teman Indonesia atau Swedia dan juga belajar dengan banyak membaca baik itu dari buku atau internet. Tentu saja bersama dengan keindahan dan kebahagiaan yang kami terima, diikuti dengan tanggung jawab yang besar. Tanggung jawab untuk menulis dengan baik di lembar-lembar putih milik, kami berharap dan berusaha menjadi contoh yang baik. Learning by doing, itu yang kami inginkan bisa kami terapkan di keluarga kecil kami. Semoga saja kami bisa melakukannya, berjalan bersama saling berpegangan tangan melewati jalan hidup yang sudah digariskan Tuhan untuk kami, melalui apapun tantangan yang nantinya ada di hadapan kami. Satu kalimat untuk menggambarkan kehidupan kami;

”We complete each other in our unique way”

Stockholm, dym10062016

Posted in 2016, catatan perjalanan, Catatan prajurit kecil, photography, Tentang A | Tagged , , , , | Leave a comment

My Therapy Activities

My Therapy Activities_3 kopiaPrunus padus aka Hagberry flowers that you could find along the road to A’s pre-school

Feeling blue is something that I couldn’t avoid as a human being. Before it happens usually I could sense it and I will try to do some activities as therapy session to break the pattern and boost my energy back. There are many activities that I consider as my therapy moments, two of them are taking picture and hang out with my camera while walking and get in touch with nature.

I am not a photographer but I have passion in capturing moments, nature and everything which I found interesting. These two exercises go hand in hand and always succeed to help me ease whatever that bother me. I don’t need to find a special place to have walk and take picture, it is enough to take a stroll or two around the area where I live. I have learned that something ordinary could be a very interesting object if you willing to take a look deeper and able to capture the moment. This what my photography is all about, capturing moment by moment because personally, every picture that I took able to tell me a story that could light up my spirit or help me to improve me as a human being. I love to take my time to look at my picture collections and have a déjà vu moment. Well should I say this is another therapy activity that I love to do *grin*.

My Therapy Activities_2 kopiaThis table has been my photography object for awhile now and I still love it

Like the other day, I got something that I had to clear off from my mind. I grabbed my camera and went to the woods behind our community. We pass it almost everyday on the way to A’s pre-school and I notice that there are couple of things that could be my photography objects. I dropped A at school and on the way back home, I walk slowly and enjoyed my surrounding. Not long after I reach the path way I saw a white cherry blossom tree and after I realized, I was busy taking pictures and admired the beauty of this white flower. Some people who passed me on the way to work or to drop their children, stop by and chat with me about the weather and what I was doing. One of them said that it is very rare to see someone with camera that could stay long in one spot. Usually she saw people take one or two pictures and then go again. I explained to her that it is my habit to stay a bit longer in one object and take a couple of shots in many different angle and test some different setting in the camera. She saw some of the pictures on my camera and said that I have to make it as a calendar photo so I can display it at home. I answered that I will think about it and we say good bye to each other.

My Therapy Activities_6 kopiaWhite cherry blossom flowers that made people stop and have a chat with me

I choose to take picture in manual mode so I have to adjust the ISO, apperture and some other setting if I move the angle to get the picture that I want, a picture which give me a story. As I said, I am still learning taking the best picture (in my opinion) and this is the way I learn and improve my ability in photography. Sometimes I could get the picture I want by one shot but yet again, I would take couple more shots to compare it when I get home and transfer the pictures in my laptop. I could stare at them hours and hours and find the differences and learn which setting I love best. If satisfaction is not achieved yet then I would think how to take a better picture next time. I believe that here is always room for improvment even though we already satisfied with the result that we get now.

My Therapy Activities_5 kopiaA path to the play ground

I was staying outside almost 2 hours and you know what… the thing that bothered me was gone and I am on top again. By saying it is gone means that I accept it as something that I couldn’t do much about it so move on *grin*. Sometimes it takes longer to see something clearly or it takes me to do one or more my therapy activities to make it through. Beside those two (or three) way that I have mentioned above, one more thing that could help me to think better is reading. I love to read but I have not so many favorit writer. My collection contain many books that I have read for more than 10 times. Yes, it sound weird but if I love a book, then I could read it over, over and over again. Some of my favorite books are written by Paulo Coelho. Everytime I read ’The Alchemist’ I always feel that I have additional energy to face any challenge that life throws at me. This book too is always succeed to make me calm everytime I got mad about something. What can I say, I love this book so much.

My Therapy Activities_1 kopiaLilac flower along the road

There are couple books that I would Agnes to read it later on when she is able to, one of the is a book that is written by Randy Pausch an American professor of computer science, human–computer interaction, and design who passed away in 2008 because of pancreatic cancer. The book is called ’The Last Lecturer’ and I love love love every single words that written there. This book has helped me and gave me courage couple of time when I feel lost and I was in my lowest place. I knew about this book by accident when I was looking for new book to read. I searched randomly in Google and I came across with Randy’s video on youtube and I just can’t stop to watch it for a couple of times. It seemed that there is something that locked me on it and I can’t stop thinking about it. I decided to buy the book because it is easier to bring it everywhere I go and I could open it and read it everytime I want without worrying about the internet connection. This book is part of my exclusive shelf in our library. I wish that Agnes would read it once in her life and learn something from it, amen.

My Therapy Activities_4 kopiaA sign of spring season in the woods behind the area where we live

Sitting down with my favorit books is always something that I am looking forward to do when I have spare time especially when the summer is just in the corner. I am lucky that I can do it quite often when I accompany A plays with her toys. Lately, I don’t need to play along everytime A is at home. She is good at using her imagination and creating lots of stories with her toys and books. Sometimes we do play together and have conversation or just reading books together. So, it doesn’t take any expensive treatment for me to get rid of anything that could make me feel down or get away from our routine for awhile. Simple yet effective is the ground of my therapy activities.

How about yours? Do you have some tips that you would like to share with me? Please do:)

Stockholm, dym 09062016

Posted in 2016, Catatan prajurit kecil, flower, nature, photography, Spring, Sweden | Tagged , , , , , | 3 Comments

Ketika Suhu Badan Mencapai 40 Derajat Celcius

Ketika Suhu Badan Mencapai 40 Derajat Celcius_1 kopia

Kejadiannya hari Selasa 2 minggu yang lalu, sejak pagi hari A seperti tidak ingin pergi ke sekolah. Tapi setelah melihat mamanya siap menyandang ransel sekolah, A pun akhirnya berjalan ke mobil. Hari Selasa dan Kamis adalah hari saya pergi ke sekolah dan A biasanya akan berangkat diantar papa P. Kami berangkat bersama-sama dari rumah, saya menuju ke stasiun kereta api sedangkan Agnes dan papa P naik mobil karena setelah mengantar A, papa P akan langsung berangkat bekerja. Saat berada di kereta, papa P menelepon dan memberitahukan bahwa A tidak mau sama sekali ke sekolah. Dia menangis dan menolak untuk berjalan kaki dari tempat parkir ke gerbang sekolah. Merajuk dan walaupun sudah digendong tetap tidak mau ke sekolah. Aneh, menurut kami karena A biasanya sangat suka ke sekolah. Tapi pikir kami mungkin karena sudah mau berumur 2 tahun makanya A mulai melakukan hal-hal yang tidak seperti biasanya.

Ketika saya pulang sekolah, kebetulan papa P juga sudah dalam perjalanan pulang, kami menjemput A bersama-sama. Saat di jemput A sangat gembira dan tidak ada yang aneh selama dia di sekolah. Namun saat sudah sampai di rumah, papa P merasa kalau A sedikit hangat ketika mencium keningnya. Namun kami mengira mungkin hanya kepanasan atau capek saja karena seperti biasa hari Selasa dan Kamis, A berada di pre-school nya selama 8 jam dan kebetulan hari Selasa yang lalu tersebut, matahari sangat cerah dan hampir mencapai 26 derajat di tempat kami tinggal.

Ketika Suhu Badan Mencapai 40 Derajat Celcius_5 kopiaSaat menjelang tidur barulah kami yakin kalau A terkena demam karena badannya semakin panas. A sendiri sih tidak rewel namun hanya menunjukkan sedikit tanda-tanda capek dan tidak mau menaiki tangga untuk ke lantai atas. Papa P akhirnya menggendong A sampai tertidur. Kami mencoba mengukur suhu badan A dan ternyata sudah mencapai angka 39 derajat. Tentu saja kami kawatir karena ini pertama kali A terkena demam yang melebihi suhu 38 derajat terlebih lagi tanpa ada alasan yang jelas. Namun Papa P meyakinkan saya kalau A akan baik-baik saja dan suhu badannya akan turun dengan sendirinya. Kami mencoba membuka semua jendela karena menurut kami suhu di dalam rumah lumayan panas. Namun saat kami akan tidur, saya memutuskan untuk tidur di tempat tidur yang sama bersama A dimana tempat tidur tersebut masih berada di kamar tidur kami. Saat saya akan berbaring, A mulai mengigau dan ketika saya sentuh ternyata badannya panas sekali, seketika saya ambil termometer dan angka digital menunjukkan angka 40 dan tentu saja saya kawatir, namun Papa P masih meyakinkan saya kalau A baik-baik saja. Semalaman saya tidak tidur karena A sering mengigau sambil menyebut nama saya, entah itu meminta buah apel, tertawa dan menyebut nama serial anak-anak favoritnya yaitu Bing sambil matanya tertutup. Saya terus terang kawatir sekali karena A tidak pernah seperti ini. Keesokan harinya saya memutuskan untuk tidak mengijinkan A pergi ke pre-school nya dan benar saja karena panas badan A naik lagi hingga 39,9 yang membuat saya meminta papa P untuk pulang lebih awal. Begitu papa P ada di rumah, kami memutuskan untuk memberikan obat penurun panas kepada A dan ternyata obat tersebut lumayan membantu. Panas badan A turun dan membuat kami lega.

Ketika Suhu Badan Mencapai 40 Derajat Celcius_4 kopia

Sebenarnya, anaknya sendiri tidak rewel sama sekali. Masih mau lahap makan dan minum, masih aktif bermain, masih cerewt, lari sana-sini, lompat-lompatan di sofa dan masih melakukan aktifitas seperti biasa. Jadi kalau dilihat dari jauh A tidak kelihatan seperti sedang sakit, namun saat kita menyentuhnya maka kita akan tahu kalau panas badan A lumayan tinggi. Saya menelepon 1177, nomor dimana kita bisa menghubungi perawat untuk meminta nasihat atau informasi yang lebih banyak tentang suatu penyakit atau gejala-gejala sesuatu penyakit. Perawat menanyakan apakah A masih bisa minum dan buang air kecil, perawat juga menanyakan apakah A punya gejala-gejala sebelumnya seperti flu, bersin-bersin atau batuk. Itu juga salah satu yang membuat kami (saya) kawatir karena biasanya jika A kena demam pasti ada gejala sebelumnya, seperti habis imunisasi atau mau terkena influensa. Karena tidak ada gejala sama sekali makanya perawat meminta kami untuk memeriksakan A ke dokter dan mengetahui apa sebab dari demam tingginya. Setelah sempat turun ke 37,5 derajat suhu badan A naik lagi pada hari Rabu malam dan hampir menyentuh angka 40 lagi. Tentu saja ini membuat saya tidak sabar untuk menunggu pagi untuk bisa mengetahui apa penyebabnya.

Ketika Suhu Badan Mencapai 40 Derajat Celcius_3 kopia

Kamis pagi kami menemui dokter dan setelah dilakukan pengecekan ternyata A baik-baik saja dan demam tinggi disebabkan oleh virus. Dokter tidak melihat ada sesuatu yang harus dikawatirkan dan meminta kami untuk tetap memantau A agar tetap minum sebanyak-banyaknya dan makan sesuatu agar perutnya tidak kosong. Puji Tuhan, walaupun badannya panas, nafsu makan A hanya sedikit sekali berkurang, namun tidak terlihat begitu kentara. Hari itu sehabis dari dokter, saya menyiapkan sejenis soft drink dari Elder flower namun anak kami ini lebih memilih meminum air putih. A memang tidak terbiasa minum soft drink karena memang di rumah tidak pernah ada minuman sejenis di hari-hari biasa, namun jika ada tamu berkunjung atau hari perayaan seperti Midsummer atau Natal, maka akan tersedia satu atau dua macam soft drink. Biasanya A minum air putih, susu atau saya bikinkan jus dari buah beku yang selalu ada di freezer.

Merasakan panas badan A yang tidak biasa ini membuat saya sedih dan kawatir. Bahkan saya sempat berpikir, andaikan saya bisa menggantikan A untuk menerima sakit itu. Namun saya tepiskan karena mungkin ini salah satu cara badan A membangun sistem kekebalan tubuh. Seperti kata salah satu guru A bahwa anak kami ini adalah yang paling jarang bolos sekolah karena sakit. Memang mungkin sudah saatnya A istirahat di rumah dan menikmati beberapa hari extra bersama mama. Kami membuat beberapa prakarya bersama yang bisa dilihat di sini.

Ketika Suhu Badan Mencapai 40 Derajat Celcius_2 kopia

Untung saja semenjak bertemu dengan dokter, panas A berangsur-angsur turun dan anaknya semakin aktif. Bahkan semenjak dia sembuh, A semakin cerewet dan sudah bisa mengomel dan berargumentasi dengan bahasa bayinya. Mungkin benar kata Maming (kakak saya nomor 3) yang menyebutkan kalau A akan memiliki kemampuan baru karena sakit demam yang tidak beralasan. Dulu waktu saya masih kecil, di keluarga saya ada anggapan kalau kita sakit tanpa alasan yang jelas itu artinya kemampuan kita akan bertambah, entah itu kemampuan berbicara, berjalan atau kemampuan yang lainnya. Tentu saja ketika saya katakan ini pada Papa P, suami tersayang ini hanya bisa tersenyum simpul. Apapun alasan di balik sakitnya A, kami sangat bersyukur bahwa gadis kecil kami ini sudah sehat dan kembali berpetualang dan melatih daya imajinasinya lagi.

”Sehat terus ya A, sebentar lagi musim panas dan kita akan berpetualang bersama-sama dan menulis lembar-lembar buku kehidupan dengan cerita kita. Mama dan Papa sayang A”.

Stockholm, dym 09062016

Posted in 2016, catatan perjalanan, Catatan prajurit kecil, photography, Tentang A | Tagged , , | 6 Comments

Craft: Flash Cards and Books Storage Boxes

Craft: Flash Cards and Books Storage Boxes

Another craft project with A and this time we recycle milk carton that we have at home. We make books and flash cards storage boxes. For this craft you will need:

  • Milk carton
  • Any kind of box
  • Scissors
  • See through tape
  • Cutter
  • Wrapping paper
  • Ballpoint/marker
  • Ruler

Craft: Flash Cards and Books Storage Boxes

First, wash the milk carton so there won’t be any milk left and the carton is cleaned. Dry it before measure it and cut it to the size that we wanted. Wrapped the milk carton with wrapping papper with help of see through tape. Then the flash cards storage box is ready to use. Do the same with the bigger box for books storage. We use box of paper shredder and cut it into half, the other half we use it for books storage box and the other half we use it to keep A’s farm animal collections. Do the same step to the paper shredder box. As simple as that:) .

Craft: Flash Cards and Books Storage Boxes

A has her own bookcase in her room on the top floor and another book storage in the living room. Because A is still sleeping in our room, so every night she can choose what kind of books she wants to read. We pick the books from her bookshelf in her room and we read it in the other room. A loves to play flash cards before going to bed, so we need another book storage to keep the books and flash cards tidy. Actually I have been thinking to find and buy some boxes to organize it but when I see the milk carton and the paper shredder box I got some idea to make one. I find out that I have some left over wrapping paper from Christmas, so it is perfect for this project.

Craft: Flash Cards and Books Storage Boxes

It turns out great and A learn to organize her boxes in the room. She was happy to see that her flash cards got some box and she could take them out and put them back in easily. No more messy books and cards in the room. There will be a couple of projects of recycled milk cartons that I would like to do with A and I’ll put it as soon as the project finish.

This type of project is good to do when the weather outside is not allowed us to enjoy the sunshine. If you don’t have wrapping paper, you can use newspaper or paint the carton. Another way to make it pretty and no one will notice that it is recycled milk carton or another unused box:) Simple activity with useful result.

See you in another project!

Stockholm, dym 26052016

Posted in Craft, photography | Tagged , | 5 Comments