Bahagia itu pilihan

26 Desember 2011

Malam Di, apa kabarmu hari ini?

*Kali ini Di berbaring di sebelahku, sofa kecil di rumah mama mertua. Ada senyum di wajah mungil itu dan aku tahu kalau Di baik-baik saja*

Kamu tahu Di, hari ini aku semakin mengerti bahwa bahagia itu pilihan. Di setiap langkah yang aku ambil dalam hidup, selalu saja ada pilihan yang harus aku ambil yang nantinya akan menuntun aku dari matahari terbit hingga terbenam, apakah aku menutup mata dengan bahagia atau tidak.

Aku bukan manusia yang sempurna, jauuuuhhh amat sangat jauh dari sempurna. Maka dari itu aku sering salah menentukan pilihan untuk tidak bahagia, namun aku beruntung memiliki kamu, yang selalu saja siap mengingatkan aku bahwa tentang pilihanku, yang bisa aku ajak bicara kapan dan dimanapun, bisa membuat aku lega lagi dan mengubah keputusan dari tidak bahagia menjadi bahagia, karena itu aku berterima kasih Di, sangat dalam!

Syukur juga aku panjatkan, karena Tuhan menempatkan aku untuk lahir di keluarga yang membesarkan aku menjadi seorang pejuang hidup, mengajariku bagaimana caranya menjadi orang yang sabar, kuat dan yang terpenting orang yang tahu arti kata syukur. Mereka, Ibu, Aji  dan saudara-saudaraku yang menanamkan di dalam tubuh ini, di setiap aliran darah ini bahwa aku tidak perlu mengumbar kata pada Penciptaku untuk menunjukkan bahwa aku bersyukur dalam setiap detikku, kata sesederhana seperti ’Terima kasih’ sudah cukup jika aku ucapkan dengan ketulusan dan kesungguhan. Tuhan tahu… Tuhan mengerti dan Tuhan melihat, kita tidak bersembunyi atau menyembunyikan sesuatu dari Tuhan. Mereka mengajari aku bagaimana menerima dan berdamai dengan hidup dan segala tantangan yang ada di hadapanku.

Sekarang aku mendapatkan anugerah kebahagiaan lain, berada di keluarga lain, keluarga yang sekarang menjadi bagian dalam hidupku, keluarga yang melengkapi aku di setiap sisi. P, Mama dan Papa mertua, yang ada di sisiku ketika aku jauh dari keluargaku di Bali yang telah menjadi orang tua kedua bagiku, yang menjadi penuntunku. P… lelaki yang membuat aku semakin mengerti dan belajar banyak tentang hidup, harap dan keyakinan. Lelaki yang selalu ada di sana ketika aku terjatuh, mengangkat aku dan membantuku berdiri tegak lagi. Lelaki yang mungkin tidak sempurna, sama sepertiku namun bagiku dia sempurna… P, lelaki yang melengkapi aku, penyeimbang hidupku, lelaki yang aku ingin berikan terbaikku.

Ketika aku melihat kebelakang lagi Di, aku mendapatkan kebahagiaan yang aku rasakan sekarang, karena aku memilih untuk bahagia, suatu bukti lagi untuk membuktikan kepada diriku sendiri bahwa bahagia itu pilihan.

*Gadis kecil dalam diri yang kini duduk manis memandangku dalam, masih dengan senyum di bibirnya*

Ya, ya… aku tahu. Hidupku tidak selalu di atas, ada pasang dan ada surut. Ada kalanya airmata menjadi temanku, ada kalanya aku harus merelakan waktuku untuk bergumul dengan tanya yang sepertinya tidak akan ada jawabannya, namun… kamu Di dan orang-orang tersayangku, membantu aku untuk tidak berlarut-larut di kubangan ketidakbahagiaan. Aku punya yang terbaik di sekelilingku, karenanya aku bersyukur!

Hari ini, ketika aku membuka mataku di pagi hari aku memutuskan untuk bahagia dan… malam ini, ketika matahari tenggelam di ufuk barat, dengan bangga aku menutup mataku dan berkata… ”Terima kasih Tuhan, atas kesempatan indah hari ini. Aku bahagia!”

Sampai bertemu besok Di!

Nordmaling, dym 26122011

About dema1497

A Balinese who is currently living in Stockholm, Sweden. I love to write almost about everything and it helps me to understand more about myself and life.I love traveling, where I can learn a lot about other cultures, I love reading where I can improve my languages skill and learn about others through their works, and photography is one of my passions where I learn to understand nature deeper. I am a dream catcher... and will always be! Thank you for stopping by and hope you enjoy to read my posts. Take care
This entry was posted in every day, thought, winter. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s