Minggu ke-13

Minggu ke-13Nak, hari ini kamu sudah berada di dalam perut mama. Waktu sangat cepat berjalan, tidak menyangka kamu sudah bergerak bebas di dalam sana.

Iya, ini adalah tulisan pertama tentangmu. Kenapa baru sekarang? Hmmm, mesti dimulai dari awal kayaknya. Yakin dech ceritanya bakal panjang karena bayangkan saja, umurmu sekarang udah 13 minggu.

Mama tahu kamu ada itu sebenarnya sejak 11 Oktober tapi salah satu garis biru yang ada di test pack itu masih samar. Tapi dari situ, mama yakin dan percaya kamu akan baik-baik saja. Jujur, ada rasa kawatir tapi dengan doa, mama merasa tenang. Papamu belum tahu kalau tanggal tersebut kamu ada.

Tanggal 16 Oktober, mama memakai test pack untuk kesekian kalinya dan hasilnya…. 2 garis biru yang sangat terang. Rasanya?? Tidak bisa dibayangkan!!! Ketika papa melihat hasil test, reaksinya biasa saja. Tapi dari matanya mama tahu kalau sebenernya papa itu bahagia. Bisa dimengerti bahwa papa tidak mau bermimpi terlalu tinggi karena kita pernah kecewa beberapa kali. Menurut perhitungan, hari itu kamu sudah berumur 4 minggu 4 hari. Sempat terkaget dan tidak percaya tapi memang perhitungan itu sepertinya perhitungan normal.

Memasuki minggu ke-5, mulai dech mengalami yang namanya morning sickness aka ngidam melanda. Mama bisa bolak balik lebih dari 8 kali sehari, itu hitungannya dari pagi, siang, sore sampai tengah malam. Rasa senang mengetahui kamu ada sempat beberapa kali dikalahkan dengan rasa pusing, lemas dan setiap makanan yang tertelan keluar semua. Berat badan mama mulai turun sedikit.

Mencoba semua makanan, ya… dengan maksud semoga saja salah satunya bakalan diem aman di dalem hehehehe. tapi ternyata benar-benar salah taktik. Kamu berontak dengan semua makanan kecuali nasi putih dengan lauk Indonesia!! Aneh? Well, setidaknya wajar lah karena di darahmu ada mengalir darah Bali, Indonesia jadi ya ga pa pa kok Nak 🙂

Sempat kawatir juga kalau kamu tidak mendapatkan nutrisi yang memadai seperti Omega 3, dll. Tapi mau gimana lagi, jangankan makan ikan, mencium baunya saja sukses membuat mama terkapar di sofa seharian.

Setelah 3 hari tidak makan apapun, papa mulai kawatir dan mengajak untuk mencoba makan di luar. Bukan di restaurant mahal sich Nak, kalo mungkin di Indonesia bisa disamakan dengan warung makan biasa. Anehnya, kamu tidak menolak dan kita menghabiskan satu mangkok besar sup yang berisi daging sapi, bakso dan mie putih. Aneh?? Jangan ditanya, papamu sampai bengong dan tidak percaya melihat mangkok mie raksasa tidak meninggalkan jejak makanan secuilpun *grin*.

Sejak makan di warung makan pertama kali itu, mama dan papa tahu kalau kamu suka gaul Nak! 😀 Kamu tidak menolak makan apapun dalam jumlah yang banyak asalkan itu di luar rumah dan ditemenin papa atau temen-temen mama.

Balik lagi kenapa mama baru menulis tentang kamu di blog adalah karena kemampuan menulis kata-kata yang ada selama ini hilang begitu saja. Bukan kemampuan menulis saja yang raib entah kemana tapi juga niat memotret atau hanya melihat foto-foto hasil jepretan yang terdahulu, bahkan anehnya setiap memegang laptop rasanya sudah pingin muntah dan pusing. Hasilnya? Facebook yang selama ini jadi ajang buat bertukar kabar tidak tersentuh sama sekali. Sampai saat mama menulis ini pun rasanya masih malas banget membuka situs yang satu itu, yakin kalau ratusan notifikasi ada di sana 😀

Yang namanya morning sickness itu berlangsung hingga kamu memasuki minggu ke-10. Dimana hari terakhir mama muntah bahkan sampai mengeluarkan darah karena tenggorokan yang luka keseringan dilewati makanan yang masuk dan keluar lagi. Mama sempat menelepon ke Bali dan bicara dengan tante Mank, atas sarannya, mama disuruh ngajak ngomong kamu Nak dan tante Mank bilang kalau kamu pasti mengerti. Malam itu mama bicara agak keras sama kamu, Nak! Bukan berarti mama marah atau benci, mama hanya mau kamu itu mengerti kalau mama harus makan jadi kamu bisa tumbuh sehat dan mendapatkan nutrisi yang seharusnya.

Setelah mama bicara sama kamu, besoknya mama sudah tidak muntah lagi dan perjalanan ke kamar mandi berhenti begitu saja. Terima kasih ya Nak! Kamu emang anak pintar dan mengerti 🙂 Mama sudah tidak merasa pusing sama sekali dan kamu tidak menolak makan apapun di rumah. Bisa dibayangkan betapa senangnya mama dan papa. Biasanya di rumah kamu ngamuk berat tapi setelah hari itu kamu kalem dan ga ngamuk lagi. Anak pinter 🙂 Akhirnya mama menyadari walaupun kamu baru saja berubah nama dari embryo ke fetus, ternyata kamu sudah mengerti. Sejak saat itu mama mengajakmu bicara setiap hari, bercerita tentang apa saja.

Alasan lain kenapa mulainya hari ini, karena hari ini mama mendapatkan kembali kemampuan untuk menulis yang selama 3 bulan ini tersihir beku. Walaupun masih malas untuk membuka Facebook dan bersapa dengan teman dan keluarga. Tidak apa-apa lah Nak, bisa menulis di blog ini saja sudah sebuah kemajuan yang pesat.

Tugas utamamu adalah tumbuh sehat dan tidak kurang suatu apapun. Mama akan berusaha yang terbaik memberikan nutrisi yang seharusnya dan juga menorehkan perkembanganmu. Jadi suatu saat nanti, kamu akan bisa membaca dan menyadari betapa bahagianya mama, papa, kakiang, ninik, farfar, farmor dan semua keluarga mengetahui kalau kamu dipercayakan Tuhan kepada kami. Puji dan syukur terpanjatkan dalam-dalam Nak atas anugerah terbesarNYA, amen. Sekali lagi tumbuh sehat ya Nak!!

Stockholm, dym141213

About dema1497

A Balinese who is currently living in Stockholm, Sweden. I love to write almost about everything and it helps me to understand more about myself and life.I love traveling, where I can learn a lot about other cultures, I love reading where I can improve my languages skill and learn about others through their works, and photography is one of my passions where I learn to understand nature deeper. I am a dream catcher... and will always be! Thank you for stopping by and hope you enjoy to read my posts. Take care
This entry was posted in catatan perjalanan, Catatan prajurit kecil, cerita harian, Indonesia, Jejak 2013, Tentang A and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s