Senin Hampir Tiba

Tidak terasa akhir pekan sebentar lagi berakhir dan hari Senin sudah tinggal hitungan jam saja. Besok akan ada banyak hal yang harus saya kerjakan, terutama menyiapkan apa yang akan saya bawa nantinya ketika akan mengunjungi mertua untuk merayakan Midsummer tahun ini. Ada rencana akan melatih A untuk bisa tidur malam tanpa kami orang tuanya. Sebenarnya waktu di bali kemarin A sudah sempat menginap tanpa Mamanya beberapa kali namun di Swedia, ini akan menjadi pengalaman pertama buat putri kami.

Kami memang bisa dibilang telat untuk melatih A kalau dibanding dengan teman-teman yang lain di Swedia, mungkin karena memang situasi seperti ini belum kami butuhkan selama ini. Sekarang kami memutuskan untuk melatih A bukan karena kami membutuhkan namun lebih kepada membiarkan Farmor dan Farfar menghabiskan waktu beberapa hari bertiga saja dengan cucu tersayang. A sudah agak besar sekarang, sudah mengerti kalau diajak berbicara dan berdiskusi hal-hal sederhana. Kebutuhannya pun sudah semakin gampang untuk dipenuhi dan A sendiri sudah bisa memberitahukan kapan dia ingin mandi, makan, minum dan kebutuhan yang lainnya. Dalam hal bermain pun, A sudah tidak memerlukan banyak waktu untuk ditemani karena Puji Tuhan, putri kami ini sudah biasa bermain dan bercerita sendiri. Kalaupun ada orang dewasa di sekitarnya, dia terkadang memilih bermain sendiri. Ada kalanya A akan meminta salah satu dari kami untuk menemani, terutama ketika dia ingin memainkan beberapa peran dalam satu adegan, seperti contoh ketika di dalam ceritanya ada 3 bayi yang menangis dan membutuhkan 3 orang dewasa untuk menggendong. Jika hanya dua, maka kedua tangan mungilnya masih memungkinkan untuk memegang 2 figur dewasa dan 2 anak-anak, biasanya saya atau Papanya akan memegang figur dewasa dan anak-anak yang ketiga. Cerita masih dipegang atau dilakoni oleh A sendiri. Hal ini juga yang semakin mempermudah Farmor dan Farfar nantinya ketika tidak ada kami.

Sudah ada rencana yang sebenarnya kami akan lakukan, P akan bermain golf dengan teman SMA-nya sedangkan saya akan berkutat dengan beberapa foto, buku, alat tulis dan laptop untuk membuat dokumentasi seluruh kerajinan tangan yang pernah saya bikin sebelumnya. Jujur, saya sangat ingin membuat dokumentasi yang rapi untuk setiap karya tersebut sehingga nantinya akan mudah mengambil dan melihat jika diperlukan. Jadi, kami akan menghabiskan beberapa jam melakukan kegiatan sendiri-sendiri sebelum malamnya mungkin kami akan mengunjungi teman atau mungkin hanya berdua menikmati makan malam di daerah tempat kami menginap nanti. Jika latihan berjalan lancar, maka kami akan menggunakan hari kedua sebagai suatu jalan untuk menjelajahi bagian utara Swedia, mungkin masih dalam jangkauan 1-2 jam dari rumah mertua. Kami berharap A akan baik-baik saja dan menikmati waktu yang dihabiskan bersama kakek dan neneknya.

Malam masih belum begitu larut namun saya memutuskan untuk tidur lebih awal. Besok, A akan masuk pre-school lagi dan Papa juga akan berangkat pagi-pagi. Semoga saja cuaca cerah jadi saya bisa menghabiskan sisa baju yang masih teronggok rapi menanti untuk digiling di mesin cuci. Oiya, jika ada waktu lebih, akan saya gunakan untuk menyelesaikan lantai 2 rumah boneka A yang masih setengah jadi. Saat saya mengetik ini, saya membayangkan seandainya saya bisa memberikan rumah boneka tersebut saat A pulang dari sekolah, aaaaahhh… saya yakin saya akan mendapat pelukan, senyuman dan ciuman extra banyak dari putri kami ini. Memikirkannya saja sudah sanggup membuat saya tersenyum. Kesimpulannya, saya harus melakukan semua rencana saya seefektif mungkin sehingga bisa memiliki waktu tambahan. Yah, kita lihat saja besok yang tentu saja saya akan rekam lagi jejaknya di sini dan ijinkan saya mengucapkan, selamat malam dan sampai jumpa besok (gerakan tangan melambai).

Stockholm, demaodyssey 11062017

Advertisements

About dema1497

A Balinese who is currently living in Stockholm, Sweden. I love to write almost about everything and it helps me to understand more about myself and life.I love traveling, where I can learn a lot about other cultures, I love reading where I can improve my languages skill and learn about others through their works, and photography is one of my passions where I learn to understand nature deeper. I am a dream catcher... and will always be! Thank you for stopping by and hope you enjoy to read my posts. Take care
This entry was posted in #NulisRandom2017, 2017, Being 40, catatan perjalanan, Catatan prajurit kecil, nature, photography and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s